Kota
home tentang kami hubungi kami
facebook twitter google plus youtube

facebook facebook
twitter twitter
Hompimpa Center
Sekolah Kebutuhan Khusus
Perum Puri NusaphalaJl. Citra Asih Raya Blok A No. 25Jati Asih
Bekasi
Jawa Barat
http://www.akupintar.info/photo/logo_1362689577_logo_tanpa_ket.jpg
(021) 93787084, 08568186024

Hompimpa Center

Jenjang : Kebutuhan Khusus
Alamat : Perum Puri NusaphalaJl. Citra Asih Raya Blok A No. 25Jati Asih
Bekasi,
Jawa Barat
Telepon : (021) 93787084, 08568186024
Email : hompimpacenter@gmail.com
Website : hompimpacenter.blogspot.com
print
artikel
Setiap orangtua ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Dengan semakin banyaknya sekolah yang bermunculan, memilih sekolah menjadi pekerjaan semakin rumit bagi orangtua. Semakin banyak pilihan, orangtua semakin bingung memilih. Ada beberapa point penting yang bisa menolong para orangtua dalam menentukan pilihan yang paling tepat bagi anaknya. 1. KEYAKINAN. Yakinlah ...
artikel
Banyak orangtua tidak memiliki banyak waktu untuk dapat berkunjung ke sekolah-sekolah saat akan memilih sekolah yang paling tepat untuk anaknya. Jika Anda adalah orangtua yang sibuk, pergunakan daftar pertanyaan berikut untuk menanyakan hal-hal terpenting yang Anda perlu ketahui sebelum akhirnya Anda memilih sekolah mana yang akan Anda coba. Kelas apa saja ...
MAINAN EDUKASI
Tentang Lembaga
Kurikulum
Program & Prestasi
Fasilitas
Biaya
Foto
Coba Gratis
Review
Tentang Lembaga

Merupakan suatu klinik komprehensif dengan pelayanan rehabilitatif dimana klinik tersebut dikhususkan pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara dini serta pendeteksian dini apabila terdapat kelainan pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik, intelektual, masalah perilaku serta gangguan perkembangan lain pada anak seperti Autisme, ADHD ( Attention Deficit and Hyperactive Disorder), Down syndrome, Cerebral Palsy, Mental retardasi dan gangguan perilaku lainnya.

visi dan misi

 

  1. kami sangat berkomitmen untuk menyediakan pelayanan dengan kualitas yang baik oleh para terapis yang telah berpengalaman. 
  2. kami menyediakan dan menyuguhkan lingkungan yang aman dan nyaman serta dengan kelengkapan peralatan terapi yang dibutuhkan untuk anak.
  3. kami berdedikasi untuk menyertakan serta memberikan edukasi kepada anggota keluarga dari anak pada proses terapi, jadi intervensi dapat diterapkan pada rutinitas anak di rumah dan dilingkungannya.
  4. kami sangat sadar akan pentingnya terapi yang berkelanjutan dan continue dan kami juga menciptakan hubungan kerja yang baik dan komunikatif antara terapis, keluarga maupun guru si anak.
  5. follow up rutin antara orangtua dan terapis untuk membahas kemajuan anak dan membuat rencana selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang optimum.
Kurikulum

Data belum lengkap.

Untuk Anda pengelola, silakan login lembaga untuk melengkapi profil dari usaha Anda
Program & Prestasi

I.  Okupasi Terapi (OT)

Okupasi terapi adalah terapi yang dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan dalam hal kemandirian anak yang berupa ;
 
  • Aktifitas sehari-hari seperti berpakaian, makan-minum serta toileting yang biasa dialami oleh anak CP, Auitisme, Down Syndrome dan lainnya.
  • Sekolah dan bermain. Anak yang kesulitan konsentrasi dan tidak bisa diam duduk di kelas dalam waktu lama, tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik, tulisan jelek tidak bisa dibaca, tidak bisa berinteraksi dengan temannya atau orang lain, tidak adanya kontak mata. Hal ini biasa dialami oleh anak gangguan Autisme, ADHD, MR dan lainnya.

Okupasi Terapi

 
Okupasi Terapi ( OT) adalah suatu profesi pelayanan kesehatan yang khusus membantu masyarakat di segala umur untuk menciptakan kemandirian dalam aktifitas sehari-hari. Untuk kasus anak, kemandirian mereka mencakup “bermain dan belajar, mampu bina diri serta mampu berinteraksi social sesuai dengan usianya”.

OT pada anak memfasilitasi sensory dan fungsi motorik yang sesuai pada pertumbuhan dan perkembangan anak untuk menunjang kemampuan anak untuk dapat bermain, belajar dan berinteraksi di lingkungannya.

Contoh perilaku yang dapat diassesmen oleh OT’s diantaranya adalah :
  • Kurang PD
  • Kesulitan meniru dan melanjutkan aktifitas. Contohnya :senam
  • Menolak kontak mata
  • Terlalu aktif dan tidak focus
  • Kesulitan pada motorik halus seperti ( menulis, mengancing baju, melipat kertas)
  • Tidak bisa menerima perubahan rutinitas
  • Sangat berhati-hati dan tidak mau mencoba hal baru
  • Lebih suka menyendiri disbanding bermain dengan teman (harus diperhatikan usianya)
  • Masalah dalam melakukan sesuatu yang membutuhkan penggunaan kedua tangan seperti : menggunting, meronce, bermain balok konstruksi, menalikan tali sepatu.
  • Jalan jinjit
  • Clumcy (gerakan terkesan kaku / kikuk), sering tersandung, sering jatuh
  • Tidak suka atau menjauhi berayun, meluncur, bermain trampoline, meloncat, bermain karet/lompat tali, mengayuh sepeda.
  • Jarang mau bermain pada permainan aktifitas motorik kasar, menolak atau takut pada escalator, elevator, mobil atau pesawat terbang.
  • Tidak suka /menolak mewarnai atau menggambar.
  • Pilih-pilih makanan karena tekstur makanan tertentu
  • Tidak menyukai baju tertentu (karena tekstur bahan, label pada kerah baju, bahan baju seperti bahan kaos kaki)
  • Sering tidak sadar pada benturan, atau memar, benjol – ketidaksadaran body 

Apakah yang dilakukan oleh Okupasi Terapis (OT’s)??

OT’s merupakan professional health care yang secara dynamic dan menyeluruh membantu meningkatkan kemampuan seseorang pada bermacam lingkungan sekitar. OT’s pada anak membantu anak untuk menghadapi tantangan yang membangun kemampuan dan ketertarikan seperti :

 
Menulis
Menulis merupakan tugas utama pada anak usia sekolah, dan ini dibutuhkan perjuangan, kemauan serta kemampuan oleh beberapa anak. Menulis kata atau kalimat merupakan suatu proses yang kompleks, karena dibutuhkan koordinasi mata, tangan, cara memegang pensil, pembuatan huruf sertu postur tubuh yang baik. OT’s dapat mengevaluasi komponen-komponen dasar yang membantu anak menulis seperti menilai kekuatan ototnya, ketahanan anak menulis, koordinasi dan control motorik oleh karenanya OT’s memiliki strategi khusus untuk membangun kemampuan perkembangan anak.


Kemampuan proses sensori
Ketika sensori kita terintegrasi dengan baik, banyak system saraf yang bekerja sama oleh sehingga kita dapat berinteraksi dan berbaur dengan lingkungan secara efektif. Anak dengan ketidakmampuan timbal balik yang tidak sesuai tentang rasa raba, meposisikan tubuh, gerakan, atau gravity struggles akan merasakan ketidaknyamanan dalam hal keamanan untuk menghindari bahaya, kurang percaya diri serta ketidakmampuan dalam berinteraksi dengan teman. Okupasi Terapi anak dibimbing pada aktifitas-aktifitas yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan jumlah sensori anak seperti input suara, sentuhan, tekanan dan gerakan (lihat pembahasan Sensori Integrasi pada posting berikutnya ^_^). Ketika input sensori yang diberikan sudah tepat, maka hal ini berpengaruh kepada outputnya menjadi lebih terkoordinasi dengan baik sehingga anak dapat menciptakan pondasi kemapuan keterampilan yang kompleks sekalipun.



 
Keterampilan motorik halus
Keterampilan motorik halus mencakup koordinasi yang tepat, control pada gerakan tangan untuk aktifitas. Banyak fungsi yang mengkontribusi pada kegiatan motorik halus, seperti control otot, control tangan dan mata serta koordinasi. Bagi anak, koordinasi motorik halus penting untuk mengerjakan tugas sehari-hari seperti menggunakan pencil, mengikat tali sepatu atau membuka dan menutup tas. Latihan terapinya mencakup aktifitas-aktifitas dan latihan untuk meningkatkan kekuatan kelompok otot yang sesuai dan meningkatkan koordinasi keseluruhan.


Keterampilan motorik kasar
Motorik kasar mencakup kelompok otot-otot yang lebih besar, yang dapat menyempurnakan tantangan fisik (memanjat, berlari, lompat). Perkembangan otot-otot besar merupakan “inti” yang juga penting untuk regulasi dan atensi anak. OT’s membantu melatih aktifitas pelatihan yang didasari oleh kebutuhan anak secara individu. Permasalahan ditujukan seperti pada balance (keseimbangan), equilibrium, tonus otot dan kekuatan otot secara menyeluruh.
 
 
II.  Sensori integrasi (SI)
Sensori integrasi merupakan bagian daripada metode disiplin ilmu okupasi terapi yang dibutuhkan oleh Anak Berkebutuhan khusus yang mengalami disintegrasi sensori, hal ini bermanifestasi pada anak-anak dengan kebutuhan khusus dengan keluhan pada anak Autisme, ADHD, CP dan  gangguan pada motorik.
 
III. Terapi Wicara (TW)
Terapi wicara adalah terapi yang dibutuhkan oleh anak yang mengalami keterbatasan dan ketidakmampuan dalam hal berbahasa secara reseptif dan ekspresif. Hal ini bisa dikarenakan oleh kerusakan atau kurangnya stimulasi pada organ di daerah oral.hal ini biasanya dialami oleh anak dengan gangguan Autisme, CP, ADHD, MR dan lainnya.
 
 
Fasilitas

Data belum lengkap.

Untuk Anda pengelola, silakan login lembaga untuk melengkapi profil dari usaha Anda
Biaya

Data belum lengkap.

Untuk Anda pengelola, silakan login lembaga untuk melengkapi profil dari usaha Anda
Foto
#|#|#|||0 #|#|#|||0.33333333333333 #|#|#|||0.66666666666667
Coba Gratis
Review Lembaga

Kirim Review

Silakan login untuk mengirimkan review.
Sekolah Lain di Kota yang Sama
logo
Ruko Mutiara Bekasi Center Blok B No. 6 - 7 Bekasi Timur
logo
Perum Persada Kemala Blok 29 No. 10 Jl. Taman Persada V
logo
Kemang Pratama Jl. Express VI Blok UU No. 6
logo
Taman Galaxi Indah Jl. Taman Bougenville Blok J1 No. 1 -2
logo
Perum Jaka Permai Jl. Cendana II/62A
logo
Jl. Bina Lontar No. 42 JatiwaringinPondok Gede
logo
Kemang Pratama I Jl. Express Raya Blok AH No. 18
logo
Komp. Pemuda Jatiasih Jl. Nakula II Blok B No. 13 Jatiasih
logo
Perum Pertamina SKG Tegal Gede No. D4Jl. Raya Industri Cikarang
logo
Jl. Tanjung I 8-A Pekayon Jaya
backKEMBALI
Perlengkapan Sekolah
Pengembangan Guru
Peluang Usaha