Kota
home tentang kami hubungi kami
facebook twitter google plus youtube

facebook facebook
twitter twitter
LOGIN ANGGOTA
Email
Password
  lupa password?
Pendaftaran
Sekolah/Kursus/Daycare
GRATIS!
Jika Anda ingin mendaftarkan sekolah/kursus/daycare ke AkuPintar.info,
silakan klik tombol di bawah ini:

artikel icon   ARTIKEL

Menyiapkan Anak Untuk Mulai Bersekolah

Saat seorang anak mengetahui bahwa dia akan mulai bersekolah, masing-masing akan memiliki reaksi yang berbeda-beda. Mungkin ada yang sangat senang dan antusias karena dia sudah melihat kakaknya berangkat ke sekolah setiap hari dan dia sudah menantikan gilirannya. Mungkin ada yang ketakutan karena dia tidak tahu sekolah itu seperti apa. Mungkin ada yang memiliki perasaan yang bercampur-campur antara senang dan kuatir. Semua hal itu adalah hal yang biasa dialami seorang anak.

Bagi orangtua, membayangkan anaknya akan menjalani hari-hari di sekolah tanpa mereka juga bisa memicu rasa cemas dan ragu. Oleh sebab itu, baik anak maupun orang tua perlu memahami hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menjadikan pengalaman pertama masuk sekolah ini pengalaman yang indah dan baik.  

 no-1

KUNJUNGAN KE SEKOLAH

Sebelum hari pertama sekolah tiba, kunjungi sekolah bersama dengan anak supaya dia mengenal sekolah tersebut. Jika memungkinkan mintalah izin untuk melihat kelas dan menemui guru kelas anak, dengan demikian anak nantinya tidak akan merasa asing dengan ruangan kelasnya dan guru kelasnya. 

 no-2

MEMBACAKAN CERITA TENTANG SEKOLAH

 Carilah buku-buku cerita tentang sekolah dan bacakan untuk anak saat akan tidur. Misalnya:

1. Franklin Pergi Ke Sekolah,  karangan Paulette Bourgeois & Brenda Clark, terbitan Kanisius. 

2. Curious George: Hari Pertama Sekolah, karangan Margret & H.A. Rayes, terbitan Mizan.

3. Barneys: Pergi Sekolah, karangan Mark S, terbitan Tiga Serangkai.

Jika Anda tidak dapat mememukan buku-buku yang sesuai, Anda dapat bercerita tentang pengalaman Anda sendiri atau kakak-kakaknya saat pertama kali masuk sekolah.  

 no-3

BIASAKAN UNTUK BERADA DI LINGKUNGAN BARU ATAU BERTEMU ORANG BARU

Jika anak Anda belum terbiasa bermain dengan anak lain atau pun di lingkungan baru sebaiknya Anda mulai membiasakannya jauh-jauh hari sebelum sekolah di mulai. Anak yang kurang bersosialisasi dengan orang baru di lingkungan baru akan cenderung mengalami kesulitan beradaptasi dengan sekolah dan teman-temannya.  

 no-4

MEMPEROLEH INFORMASI TENTANG APA YANG HARUS DIBAWA KE SEKOLAH

Tanyakan ke sekolah peralatan dan perlengkapan apa saja yang perlu di bawa. Pastikan Anda menyiapkan semua dengan baik karena anak ada anak yang merasa takut, kuatir, atau pun malu saat dia tidak membawa perlengkapan seperti teman-temannya. Pastikan juga anak Anda mengenakan seragam yang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Dalam menyiapkan segara perlengkapan sekolah ini akan sangat baik jika Anda mengajak anak turut serta. Izinkan anak untuk memilih perlengkapan yang dia sukai. Dia akan merasa bangga dan senang dapat mempersiapkan segala sesuatunya bersama-sama dengan Anda sehingga dia akan semakin bersemangat untuk bersekolah.  

 no-5

KEMANDIRIAN

Mulai latihlah anak Anda untuk mandiri. Sesuai dengan usia dan kemampuannya ajarkan anak mulai dari hal yang paling sederhana seperti mencuci tangan dan menyikat gigi sampai belajar untuk makan sendiri, memakai pakaian dan memakai sepatu.  

 no-6

BANGUN PAGI

Mulai biasakan anak untuk bangun lebih pagi, perkirakan berapa waktu yang diperlukan untuk bersiap-siap ke sekolah dan berapa lama dibutuhkan untuk sampai ke sekolah. Lakukan hal ini beberapa minggu sebelumnya sampai anak tidak mengalami kesulitan lagi bangun pagi.

Setelah Anda melakukan semua persiapan ini, Anda siap mengantarkan anak Anda ke sekolah.

 

Akupintar.info

 

 

Perlengkapan Sekolah
Pengembangan Guru
Peluang Usaha