Kota
home tentang kami hubungi kami
facebook twitter google plus youtube

facebook facebook
twitter twitter
Al Binaa Islamic Boarding School
Sekolah SMP, SMA
Jl. Raya Pebayuran, ds Kertasari, kec. Pebayuran
Bekasi
Jawa Barat
https://www.akupintar.info/photo/logo_1385621569_albina.jpeg
(021) 89150720 (Hunting)

Al Binaa Islamic Boarding School

facebook twitter
Jenjang : SMP, SMA
Alamat : Jl. Raya Pebayuran, ds Kertasari, kec. Pebayuran
Bekasi, 17710
Jawa Barat
Telepon : (021) 89150720 (Hunting)
Email : admin@albinaa.or.id
Website : albinaa.or.id/
Agama : Islam
print
artikel
Setiap orangtua ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Dengan semakin banyaknya sekolah yang bermunculan, memilih sekolah menjadi pekerjaan semakin rumit bagi orangtua. Semakin banyak pilihan, orangtua semakin bingung memilih. Ada beberapa point penting yang bisa menolong para orangtua dalam menentukan pilihan yang paling tepat bagi anaknya. 1. KEYAKINAN. Yakinlah ...
artikel
Banyak orangtua tidak memiliki banyak waktu untuk dapat berkunjung ke sekolah-sekolah saat akan memilih sekolah yang paling tepat untuk anaknya. Jika Anda adalah orangtua yang sibuk, pergunakan daftar pertanyaan berikut untuk menanyakan hal-hal terpenting yang Anda perlu ketahui sebelum akhirnya Anda memilih sekolah mana yang akan Anda coba. Kelas apa saja ...
MAINAN EDUKASI
Tentang Lembaga
Kurikulum
Program & Prestasi
Fasilitas
Biaya
Coba Gratis
Review
Tentang Lembaga

VISI ALBINAA

Menuju Generasi yang Shalih dalam Bingkai tauhidullah

MISI ALBINAA

  •   Menjadikan Al Binaa sebagai gerbang iman dan intelektual

  •   Menjadikan Al Binaa sebagai penerus dan penerjemah nilai-nilai Islam

  • Menjadikan Al Binaa sebagai lembaga pendidikan yang memelihara nilai Islam berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah.
  •   Menjadikan Al Binaa sebagai, lembaga pendidikan Islam yang profesional berfokus pada pembinaan aqidah, akhlaq dan ibadah sesuai dengan sunnah Rasulullah.

 

 

LAHIRNYA PESANTREN AL BINAA

Diantara program bidang pendidikan yang dicanangkan oleh AL BINAA dalam rencana kerja jangka panjangnya adalah membangun Lembaga Pendidikan dengan sistemBoarding yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama Pesantren. Ini dimaksudkan dengan melihat berbagai fenomena pendidikan dan dakwah di Indonesia yang dinilai masih sangat minim bila dilihat dari berbagai macam dimensinya. Mulai dari pemerintah yang begitu lemah memerankan posisinya dalam bidang pendidikan sehingga anggaran pendidikan sungguh sangat tidak proporsional dan tidak kunjung membaik. Out put dari pendidikan sampai sa’at ini masih belum terasa sentuhannya ditataran masyarakat sebagai pengguna akan lulusan yang berkualitas. Fenomena akhlaq dan norma masyarakat dari segala macam lapisan yang semakin menurun dan cenderung mengabaikan nilai-nilai keimanan bahkan nilai kepatutan yang selama ini dipegang erat masyarakat Indonesia. Belum lagi serbuan budaya-budaya impor yang mengabaikan nilai-nilai keislaman bahkan sewaktu-waktu semakin nyata mengajak kepada berbagai penyimpangan akhlak, moralitas, aqidah dan pemurtadan. 

YBU melihat bahwa pendidikan adalah salah satu solusi yang tepat sebagai upaya pembenahan jangka panjang dalam membentuk masyarakat yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan umum supaya terlahirnya manusia yang cerdas secara intelektual juga unggul dalam ilmu pengetahuan agama (syar’i) supaya cerdas secara hati, prinsip dan kepribadian. Yang kalau disingkat dalam bahasa yang mudah yakni supaya menjadi orang yang bertauhid dengan tepat dan benar menurut al-Qur’an dan as-Sunnah. Kalau menjadi seorang intelek tidak akan sombong dan melanggar perintah Alloh dan Rosul-Nya. Kalau jadi ulama tidak akan berani merubah hukum dan ketetapan Alloh serta Rosul-Nya. Intinya akan terlahir pribadi-pribadi dengan sebuah prinsip sebagai orang yang semata-mata takut hanya kepada Alloh subahabhu wa ta’ala saja. Maka dari sejak awal pendirian YBU, prioritas Pesantren ini hampir menjadi wacana dalam setiap pertemuan, silaturahmi dan diskusi para pengurus YBU. Bahkan terbentuknya Panitia pembebasan tanah waqaf pesantren telah menunjukkan akan keseriusan seluruh pengurus di YBU. Pencarian akan tanah yang dianggap strategis pun segera dimulai dan usaha tak kenal lelah ini dilakukan bukan hanya sepekan sekali tetapi terkadang dua sampai tiga hari dalam sepekan padahal ada banyak diantara para pengurus yang mempunyai segudang kesibukan. 
Dan alhamdulillah pada akhir tahun 1424 H kami telah memiliki sarana lembaga pendidikan yang memadai bahkan tergolong untuk sebahagian orang yang pernah berkunjung sebagai pesantren eksklusif dan mewah. Terbentang diatas tanah seluas enam puluh ribu meter persegi (6 hektar) dan telah berdiri diatasnya bangunan yang sangat permanen. Bermula dari waqaf Bapak H.Muhammad Yasin, salah seorang tokoh masyarakat Bekasi yang mulia hati dengan mewaqafkan tanahnya seluas enam hektar kemudian ditambah dua belas hektar dan kesemua tanah yang diwaqafkan beliau kepada YBU menjadi seluas 20 ha. Semua tanah tersebut sudah dialihkan dalam sertifikat waqaf yang berkekuatan hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. 

Dengan demikian maka pihak Yayasan Binaa’ul Ukhuwwah sebagai penyelenggara lembaga pendidikan menerbitkan surat keputusan tentang pendirian Lembaga Pendidikan Islam dengan nama AL-BINAA ISLAMIC BOARDING SCHOOL yang diresmikan oleh Wakil presiden Bapak DR. H. Hamzah Haz pada tanggal 5 jumadil Ula 1425 H bertepatan dengan 23 juni 2004 M ,yang mempunyai motto:

"Membina Iman, Ilmu dan Akhlak"

Adapun penamaan Pesantren dengan Al-Binaa sendiri terkait dengan dua sebab:

Pertama

:

Karena lembaga ini didirikan oleh Yayasan Binaa’ul Ukhuwwah maka Al-Binaa adalah kependekan dari YBU

Kedua

:

Terkait dengan fungsi dari lembaga pendidikan Al-Binaa yang berarti membina dan membangun. Tentu saja yang dibina dan dibangun adalah aqidah dan keisalaman santri juga ilmu pengetahuannya secara umum.

Kenapa Al-Binaa harus bersifat ‘Ma’had’ atau ‘boarding’ ? dan kenapa mulai dari tingkat SMP ?
Jawaban kenapa harus ‘ma’had’ atau berasrama karena:

-

Pembelajaran dua kurikulum tidak bisa efektif tanpa boarding

-

Mengandalkan pembelajaran hanya terpaku pada sistem klasikal kurang melatih jiwa yang terlatih ditempa kemandirian dan sosialisasi

-

Menyeimbangkan jiwa kebebasan masa pencarian identitas santri diusia SMP-SMA dengan pengenalan serta pemahaman terhadap nilai Islam baik aqidah, akhlaq maupun ibadah. Hal mana sulit diadopsi secara riil bila tidak memakai sistem boarding

 

 

Kurikulum

Data belum lengkap.

Untuk Anda pengelola, silakan login lembaga untuk melengkapi profil dari usaha Anda
Program & Prestasi

Uangkapan Tahadduts Binni'mah dari segala apa yang diberikan oleh Allah Jalla Wa'ala terhadap para hambanya. Alhamdulillah Pesantren Al Binaa telah diberikan beberapa keunggulan dari sisi prestasi duniawi dengan serangkaian prestasi akademik dan non akademik. Hal ini menjadikan pendorong untuk terus meningkatkan seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di Al Binaa bagi para guru dan santri serta orang tua santri sebagai tiga elemen pokok yang tidak terpisahkan dalam dunia pendidikan.

Al-Hamdulillah prestasi yang diperoleh  cukup memberikan dorongan bagi para santri dalam proses mencari ilmu, tentu prestasi dari hasil-hasil karya santri dalam bentuk lomba bukan menjadi sebuah tolak ukur mutlak untuk menilai kesuksesan sebuah lembaga, namun ada yang lebih dari itu adalah prestasi bagaimana mereka para santri bisa bertahan untuk proses belajar dan mencari ilmu dengan nuansa berasrama, yang kita tahu bahwa segala sesuatunya harus diatur dan dibatasi atau harus serba mengikuti tata tertib yang ada. Begitu juga dengan prestasi para ustadz yang mereka rela untuk membina dan membimbing para muridnya untuk tetap berdisiplin dengan segala jerih payah dan upayanya yang tidak mengenal lelah dan letih, tidak terpatok hanya dalam jam belajar saja tapi diluar itu mereka nyaris 24 jam harus bersama-sama dengan para santrinya.

Adapun sebagai ungkapan tahadduts binni'mah dari prestasi para santri AL BINAA  mulai tahun pelajaran 2012-2013 ini adalah sebagai berikut:

  1. Peraih medali perunggu dalam event Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diadakan di Kota Pontianak katagori Fisika, atas nama Muhammad Mahendra Subrata (Santri Kelas IX)
  2. Juara 1, Khitobah Bahasa Arab se Jabodetabok diadakan oleh Fakultas Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
  3. Peserta TIM IJSO 2012 (International Junior Science Olympiad) katagori Fisika mewakili Indonesia diadakan di Kota Teheran Iran Atas nama: Muhammad Mahendra Subrata (santri kelas 9)
  4. Juara 1, Musabaqoh Hifdzul Qur'an Nusantara Tingkat SMA/MA atas nama: Ardityo Giantra (santri kelas 12) yang dilaksanakan oleh IEMF di Muspen TMII Jakarta
  5. Juara 1, Musabaqoh Hifdzul Qur'an Nusantara Tingkat SMP/MTs atas nama: Teuku Reza Fahlevi (santri kelas 7) yang dilaksanakan oleh IEMF di Muspen TMII Jakarta
  6. Juara 1 Tim pada Science Team Competition 2013 di SMA PU AL BAYAN Sukabumi (Muhammad Mahendra Subrata, Adika Putra Pradana, Abdurrahman)
  7. Juara 1 Tim pada Science Team Competition 2013 di SMA PU AL BAYAN Sukabumi (Muhammad Mahendra Subrata, Adika Putra Pradana, Abdurrahman)
  8. Juara 2 Tim pada Science Team Competition 2013 di SMA PU AL BAYAN Sukabumi (Junio Akarda, Jihad Rausyan F., Muhammad Hanif Naufal E.W)
  9. Juara 1 Individu Fisika Science Team Competition 2013 di SMA PU AL BAYAN Sukabumi (Muhammad Mahendra Subrata)
  10. Juara 2 Individu Fisika Science Team Competition 2013 di SMA PU AL BAYAN Sukabumi (Junio Akarda)
  11. Juara 3 Individu Fisika Science Team Competition 2013 di SMA PU AL BAYAN Sukabumi (Muhammad Azhar Rais)
  12. Juara 2 Individu Matematika Science Team Competition 2013 di SMA PU AL BAYAN Sukabumi (Abdurrahman)
  13. Juara 3 Individu Biologi Science Team Competition 2013 di SMA PU AL BAYAN Sukabumi (Adika Putra Pradana)
  14. Juara 4 Festival Studi Islam & Matematika Anak Muslim (FESMA) di Islamic Book Fair 2013 (Abdurrahman)
  15. Juara 9 Festival Studi Islam & Matematika Anak Muslim (FESMA) di Islamic Book Fair 2013 (Zhofran Murtadho)
  16. Juara 11 Festival Studi Islam & Matematika Anak Muslim (FESMA) di Islamic Book Fair 2013 (Syifa Qurrota Ayun)
  17. Finalis Kompetisi Matematika PASIAD (KMP 9) 2013 (Abdurrahman, Muhammad Taufiq Ismail Pulungan, Risyad Ibrahim, Muhammad Hanif Naufal E.W., Fikri Makarim Sosrianto).
  18. Juara 3 Musabaqoh Tahfidzul Qur’an Yayasan Shilatul Khoir Indonesia berkerjasama dengan Yayasan Al Islam Bekasi (Muhammad Teuku Reza Pahlevi)
  19. Medali Perunggu kelas IX Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se-Indonesia ke 8 (Abdurrahman)
  20. Medali Perak kelas X Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se-Indonesia ke 8 (Azzufar Aslam Ghiffary)
  21. Medali Perak kelas X Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se-Indonesia ke 8 (Nihan Ufaira Rizagana)
  22. Juara 1 Biologi OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Ahmad Faishal Farras. Lolos ke OSP
  23. Juara 3 Biologi OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Nabil Maulana.  Lolos ke OSP
  24. Juara 4 Biologi OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Mohamad Natsir Ramadhan.
  25. Juara 2 Matematika OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n.Nihan Ufaira Rizagana. Lolos ke OSP
  26. Juara 5 Matematika OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Azzufar Aslam Ghiffary.
  27. Juara 6 Matematika OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Ibnu Harits Nurrohman.
  28. Juara 2 Kebumian OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi an. Muhammad Rizki Fajar. Lolos ke OSP
  29. Juara 5 Kebumian OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Farhan Nuruddin.
  30. Juara 2 Komputer OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Muhammad Yusuf Imam Itsari. Lolos ke OSP
  31. Juara 2 Ekonomi OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Enggartyasto Ariwangi. Lolos ke OSP
  32. Juara 6 Kimia OSK (Olimpiade Sains Nasional Tk. Kabupaten) SMA kab. Bekasi a.n. Sarah Azzahroh.
  33. Lolos Passing grade OSN (Olimpiade Sains Nasional) SMP  bidang studi Fisika a.n. Junio Akarda (santri kelas VIII) Tahun 2013 di Batam Kepri.
     
     
    Dan masih banyak lagi.. Silahkan pergi ke website untuk melihat.

 

Fasilitas

Data belum lengkap.

Untuk Anda pengelola, silakan login lembaga untuk melengkapi profil dari usaha Anda
Biaya
BIAYA PENDIDIKAN SANTRI BARU PUTRA-PUTRI 
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
 
 
 

Uang Wakaf (Pembayaran hanya satu kali selama di Al Binaa)

18.000.000,-

Infaq Tahunan (Pembiayaan setiap naik kelas di awal tahun pelajaran)

  • Bahan seragam 3 stel
  • Baju olahraga
  • Baju Muslim/koko (PA)
  • Jilbab/kerudung 3 buah (PI)
  • Buku-buku muqorror ulum syar'i dan umum
  • Ulangan harian/mid/semester
  • Study tour
  • Kegiatan ekstrakurikuler
  • Kegiatan kesiswaan
  • Praktikum
  • Perpustakaan
  • Buku tulis
4.000.000,-

Infaq Bulanan (Pembiayaan setiap bulan dibayarkan paling lambat tgl 5 setiap bulannya)

  • Makan
  • SPP/Biaya pendidikan
  • Kesehatan
  • Asrama
  • Laundry
1.600.000,-
Jumlah 23.600.000,-

 

Keterangan:

  • Seluruh Pembiayaan di atas dibayarkan ketika mendaftar ulang dari tangal 05 - 14 Februari 2014
  • Seluruh pembiayaan di atas bisa ditransfer melalui rekening Al Binaa di:
    • BANK SYARIAH MANDIRI KCP KARAWANG  // An. ALBINAA   701-7588-577
    • BANK MANDIRI CAB KARAWANG // An. ALBINAA  132-00-1241558-5
    • BANK MUAMALAT KCP KARAWANG // An. ALBINAA 3410003493
  • Mohon mencantumkan nama SANTRI dan NOMOR TES pada bukti slip pembayaran dan  selanjutnya di fax ke 021-89150824.
  • Seluruh pembiayaan dibayar sekaligus (Tidak diangsur).
Coba Gratis
Review Lembaga

Kirim Review

Silakan login untuk mengirimkan review.
Sekolah Lain di Kota yang Sama
logo
Jl. Palem Raya Blok H.7 Duta Indah, Pondok Gede
logo
Jl. Palem Kuning Raya No. 2, Taman Beverli Lippo Cikarang
logo
Jl. A. Yani No. 11 dan 22 Bekasi
logo
Jl. Cikunir Raya no.25 , Kampung Dua Jakasampurna Bekasi Barat (Keluar Tol Kalimalang)
logo
Jl. Dago Permai no. 1 Komplek DagoVillas
logo
Komplek GPS JL. KH Noer Alie No 10.B
logo
Jl. Sunset Avenue - Perum Grand Wisata
logo
Jl. Masjid Al Mu'awanah No. 60 (Belakang Bank BTN) Perumnas 3, Aren Jaya, Bekasi Timur
logo
Perumahan Graha Ciantra Kp. Kukun Ds. Ciantra Kel. Ciantra Kec. Cikarang Selatan
logo
Jl. KH. Agus Salim No. 78 Bekasi Timur
backKEMBALI
Perlengkapan Sekolah
Pengembangan Guru
Peluang Usaha