Kota
home tentang kami hubungi kami
facebook twitter google plus youtube

facebook facebook
twitter twitter
LOGIN ANGGOTA
Email
Password
  lupa password?
Pendaftaran
Sekolah/Kursus/Daycare
GRATIS!
Jika Anda ingin mendaftarkan sekolah/kursus/daycare ke AkuPintar.info,
silakan klik tombol di bawah ini:

MAINAN EDUKASI
artikel icon   ARTIKEL

6 Hal Penting Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Setiap orangtua ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Dengan semakin banyaknya sekolah yang bermunculan, memilih sekolah menjadi pekerjaan semakin rumit bagi orangtua. Semakin banyak pilihan, orangtua semakin bingung memilih.
Ada beberapa point penting yang bisa menolong para orangtua dalam menentukan pilihan yang paling tepat bagi anaknya.

1. KEYAKINAN.
Yakinlah bahwa Anda sebagai orangtua adalah orang yang paling tahu kebutuhan Anak anda. Setiap anak adalah pribadi yang unik, serta memiliki kebutuhan yang unik pula. Dengan fakta bahwa Anda tertarik untuk membaca artikel ini, sudah membuktikan bahwa Anda adalah orangtua yang peduli dengan perkembangan anak Anda dan saya memberikan apresiasi saya untuk Anda. Yakinlah Anda akan menemukan sekolah yang paling tepat untuk anak Anda.

2. PRIORITAS
Tentukan terlebih dahulu prioritas terpenting bagi Anda. Apakah jarak yang dekat karena transportasi sangat minim di daerah Anda. Apakah pendidikan agama dan karakter yang paling penting. Apakah besarnya biaya yang menjadi unsur penentu (tentukan berapa budget yang akan Anda alokasikan untuk biaya pendidikan anak Anda). Mungkin bahasa pengantar tertentu yang menjadi faktor terpenting bagi Anda. Temukan sekolah menfasilitasi prioritas terpenting Anda.

3. KARAKTER ANAK
Setiap anak memiliki karakter yang unik dan anda perlu memahami serta menghargai karakter anak. Ada anak yang suka sekali bergerak, maka Anda perlu mencari sekolah yang memiliki ruang gerak yang cukup serta kegiatan fisik yang cukup banyak. Ada anak yang tenang dan tidak suka keramaian, maka carilah sekolah yang jumlah anak per kelas tidak terlalu banyak. Lingkungan yang bisa membuat dia merasa aman dan nyaman.

4. KURIKULUM
Pilih sekolah yang memiliki kurikulum yang memperhatikan seluruh area perkembangan anak dan tidak hanya terfokus pada satu area perkembangan tertentu. Area-area perkembangan yang perlu dikembangan sejak dini adalah area sosial emosional, kognitif, motorik dan bahasa. Sebaiknya sekolah juga menyediakan waktu untuk melakukan aktivitas yang tenang dan aktivitas yang energik. Akan sangat baik jika anak dapat beraktivitas dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.

5. GURU
Di Indonesia mungkin akan sulit menemukan sekolah dimana guru-gurunya memiliki ijasah pendidikan anak usia dini. Tetapi ada beberapa karakteristik yang penting yang bisa kita temukan. Carilah sekolah di mana tingkat turnover guru rendah, guru betah mengajar di sekolah tsb. Guru berkomunikasi dengan baik dengan rekan sekerja, dengan orang tua dan dengan anak-anak. Anda dapat melihat kehangatan di sekolah tersebut. Tanyakan bagaimana komunikasi antara orangtua dan guru dilakukan, apakah ada pertemuan rutin atau ada buku penghubung, dsb. Pastikan bahwa Anda sebagai orangtua bisa menyampaikan kebutuhan, masukan dan ide Anda. Menjadi nilai plus jika Anda bisa menemukan sekolah di mana guru-gurunya mendapatkan pelatihan guru secara regular.

6. FASILITAS dan KESEHATAN
Dalam menilai fasilitas sekolah, kemewahan bukanlah hal yang terutama. Tetapi pastikan kebersihan dan keamanan sekolah terjamin. Periksalah kebersihan toilet dan ruang kelas. Tanyakan fasilitas tambahan apa saja yang tersedia. Bagaimana kondisi mainan di halaman, apakah aman untuk anak atau tidak. Tanyakan menu makanan yang disediakan. Apa yang dilakukan jika anak Anda sakit, dan apa yang akan dilakukan jika ada keadaan darurat.

Keenam hal diatas dapat menjadi alat bantu bagi Anda, namun jangan lupa gunakan kesempatan untuk datang “kelas percobaan” jika disediakan. Pada saat anak Anda masuk ke kelas percobaan, baca “Kunjungan ke Sekolah” untuk membantu Anda. Tetapi jika Anda hanya bisa menelepon, Anda dapat membaca “Pertanyaan Via Telepon untuk Memilih Sekolah” supaya Anda mendapatkan informasi-informasi terpenting yang perlu Anda ketahui.

 


Baca Juga:

* Jangan Salah Pilih Sekolah Ayah Bunda

 

 

 

Perlengkapan Sekolah
Pengembangan Guru
Peluang Usaha